Rabu, 08 Oktober 2014

TUGAS KEWIRAUSAHAAN - REPORTASE USAHA (WARUNG SAYUR)



TUGAS KEWIRAUSAHAAN
REPORTASE USAHA
(WARUNG SAYUR)


Tepatnya minggu pagi, hari dimana orang-orang berbelanja kebutuhan rumah tangga dengan membeli sayur-mayur, daging, ikan, buah, serta kebutuhan untuk bumbu dapur. Saat itu aku pergi berjalan kaki bersama ibuku ke warung sayur yang berjarak dekat tak jauh dari rumah untuk membeli kebutuhan yang sudah habis untuk bumbu dapur maupun kebutuhan yang ingin dimasak untuk hari ini dan cukup untuk keperluan masak besok harinya. Ketika sampai warung sayur, sudah banyak ibu-ibu komplek yang datang ke warung itu berbelanja ataupun hanya mengobrol-ngobrol saja dengan ibu-ibu lain yang sedang berbelanja saat itu. Seringnya ibu mengajak aku ke warung sayur itu, ibu pun cukup mengenal baik pemilik warung sayur jadi pemilik warung itu pun sudah mengenalku. Disinilah aku akan menceritakan kisah pemilik warung sayur tersebut.
Warung itu adalah milik yuk tinah seorang penjual sayur dekat rumahku yang sudah delapan tahun lebih berjualan dikomplek. Yuk tinah sudah berkeluarga dan memiliki tiga anak yaitu dua orang anak laki-laki dan satu anak perempuan dan suaminya yang bekerja sebagai buruh toko di tanah abang. Dua anak laki-laki yuk tinah sama-sama bersekolah menengah pertama hanya saja yang putra pertama duduk dikelas dua dan putra keduanya duduk dikelas satu, serta putri ketiganya sekolah dasar kelas lima. Yuk tinah selalu bersiap untuk membeli semua kebutuhan untuk berjualan disiapkan dari malam seperti tomat, kentang, timun, cabai serta sayuran lain yang tidak mudah layu sebelum dijual pagi hari nanti. Sedangkan untuk kebutuhan daging ayam atau daging sapi, seafood, dan sayuran hijau segar dibelinya dini hari tepatnya jam 03.00 pagi sudah jalan dari rumahnya ke pasar induk kramat jati. Tetapi tak hanya menjual daging, seafood dan sayuran hijau segar, yuk tinah juga menjual buah, serta jajanan pasar tradisional.
Setelah semua telah yuk tinah terbeli, maka yuk tinah bersiap untuk memulai usahanya dengan menjajakan semua jualannya di sebuah meja besar panjang. Semua disusun di atas wadah berbentuk kotak untuk sayuran, buah, daging, seafood di tempatnya masing-masing serta ada teempat tersendiri untuk menaruh makanan jajanan pasar tradisionalnya, sehingga semua terlihat rapi dan bersih. Tepat pukul 05.00 pagi sudah saatnya yuk tinah untuk berjualan dan benar saja sudah banyak juga pedagang-pedagang lain yang datang seperti pedagang tahu dan tempe, pedagang bubur ayam, pedagang kue ape dan kue rangi dan banyak pedagang lain yang juga sudah siap untuk berjualan.
Tak lama banyak ibu-ibu yang datang untuk berbelanja ke warung yuk tinah, karena masih pagi dan masih komplitnya barang jualan yuk tinah dan segar-segar jadi banyak yang membeli. Setelah semua barang jualannya terjual habis, yuk tinah mulai membukukan semua keuangan yang didapatkan saat itu dan apa-apa saja yang harus ditambah untuk dibelinya kembali untuk esok harinya. Disamping itu usaha lain yang dimiliki yuk tinah dirumahnya yaitu memiliki etalase kecil untuk berjualan rokok dan pulsa voucher maupun pulsa elektrik serta kartu perdana yang dijualnya. Usaha itu dilakukannya sehabis pulang berjualan sayur di warung. Dari hasil usahanya berjualan sayur dengan penghasilan Rp. 350.000,00 per hari dan ditambah berjualan pulsa dan rokok dan sang suami yang bekerja sebagai buruh toko, maka dari semua usaha yang dilakukan keduanya cukup untuk mencukupi kehidupannya sehari-hari dan cukup untuk menyekolahkan ketiga anak-anaknya.



                                               
                                                                        Nama   : Rayita Bagastya Basitho
                                                                        NPM   : 35411922
                                                                        Kelas   : 4ID02


Tidak ada komentar:

Posting Komentar