Selasa, 19 Mei 2015

MEMASUKI DUNIA KERJA



MEMASUKI DUNIA KERJA


Ketika memasuki dunia pekerjaan, setelah pembelajaran dari bangku sekolah hingga menempuh dunia perguruan tinggi dan mendapat gelar sarjana. Tentunya keinginan menjadi seorang pekerja yang sukses sangatlah besar untuk diwujudkan maka dalam hal tersebut membutuhkan persiapan diri untuk memasuki dunia kerja. Berikut merupakan beberapa persiapan diri yang harus dipersiapkan sebelum memasuki dunia kerja, yaitu:
1.        Pada Saat Melamar Pekerjaan
Ketika melamar suatu pekerjaan, harus memilih bidang mana yang memang sesuai dengan keahlian yang anda miliki. Hal tersebut penting untuk lakukan guna memudahkan dalam beradaptasi serta cekatan dalam menyelesaikan sejumlah tugas serta tanggung jawab dalam pekerjaan yang diterima. Selain itu, juga bisa menangani segala bentuk permasalahan yang nantinya bisa muncul dalam pekerjaan dengan bisa berkonsultasi dengan sejumlah rekan kerja dalam pekerjaan.
2.        Persiapan Mental
Mempersiapkan mental dalam dunia kerja, anda harus memiliki kesiapan untuk bekerja dengan semaksimal mungkin. Selain itu, perlu diketahui, dalam dunia kerja akan sangat dituntut untuk menyelesaikan tugas serta tanggung jawab yang anda terima sesuai batas yang memang telah ditentukan oleh pihak perusahaan dan hal tersebut sangat beda dengan dunia pendidikan, karena pada dunia pendidikan akan mendapatkan banyak waktu untuk mengerjakan tugas-tugas yang terima serta juga akan mendapatkan bimbingan dari guru atau dosen anda. Oleh karena itu, harus berusaha se-maksimal mungkin untuk bisa beradaptasi dari dunia pendidikan ke dunia kerja.
  3.    Beradaptasi Dengan Waktu Pekerjaan
Selain itu, juga harus paham bahwa waktu yang miliki akan dihabiskan di tempat kerja, berarti akan menghabiskan waktu banyak di dunia kerja. Oleh karena itu, bagi yang masih awam dalam dunia kerja atau dalam kata lain yang masih fress graduate harus bisa membiasakan diri untuk bekerja dalam waktu yang memang tidaklah sedikit.
4.        Bersedia Memulai Dari Yang Paling Kecil atau Dari Bawah
Ketika  melamar satu pekerjaan, dan  masih seorang fresh graduate, tentunya  akan mendapatkan posisi yang ada pada bagian bawah, yang memang memiliki resiko serta tanggung jawab yang tidaklah besar. Oleh karena itu, dalam dunia kerja sangat dibutuhkan proses yang matang agar bisa beranjak ke tingkatan yang lebih baik lagi. Terus berusaha untuk mendapatkan tingkatan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Sumber:

TEKNIK WAWANCARA DAN LAMARAN KERJA



TEKNIK WAWANCARA DAN LAMARAN KERJA


Interview atau wawancara kerja adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah poses perekrutan kerja. Pada tahapan ini, kepribadian akan dinilai maka untuk itu ada baiknya jika melakukan beberapa persiapan sebelum menghadiri sebuah tes wawancara. Cara melamar kerja dan persiapan tes wawancara pekerjaan berikut perlu dipersiapkan dengan baik. untuk memperbesar peluang untuk mendapat pekerjaan. Berikut beberapa cara teknik melamar kerja dan interview kerja yang baik, yaitu:
A.      Cara Melamar Kerja dan Persiapan Tes Wawancara Pekerjaan
1.         Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melamar kerja adalah mencari sumber informasi lowongan seperti media cetak (koran, majalah, dsb) internet, career center, network, dan agency (outsourching).
2.         Langkah kedua, memilih lowongan kerja. Dalam memilih lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan dan pendidikan yang dijalani. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam memilih lowongan kerja, seperti:
a.         Mencari infirmasi mengenai posisi yang akan dipilih.
b.        Mencari informasi mengenai perusahaan pemberi kerja.
c.         Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan.
d.        Kesesuaian antara keadaaan diri dengan persyaratan jabatan.
3.         Langkah ketiga, membuat surat lamaran. Dalam membuat lamaran kerja perlu diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran, seperti:
a.         Kertas berwarna netral dengan ukuran A4 ataupun kertas Folio Bergaris.
b.        Jenis dan ukuran huruf standar.
c.         Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas dan jelas  dengan mencantumkan posisi yang dituju, tanggal, tanda tangan, alamat, tempat tinggal, nomor telepon yang dapat dihubungi dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
4.         Langkah keempat, pengiriman dokumen lamaran. Ada 3 cara dalam pengiriman dokumen tersebut, seperti:
a.         Melalui pos (alamat penerima dan pengirim harus jelas).
b.        Melalui email (rutin membaca email dan pertimbangkan besar file).
c.         Datang langsung ke perusahaan (walk in interview).
Mungkin banyak kalian yang sudah pernah mengalami interview (wawancara) di berbagai perusahaan. Tetapi ada beberapa yang harus diperhatikan ketika kita akan melakukan interview (wawancara), yaitu:
B.       Cara Melamar Kerja dan Persiapan Tes Wawancara Pekerjaan Dari Segi Lain
1.         Penampilan
Ketika ingin melakukan wawancara (interview) penampilan sangatlah penting karena penampilan adalah hal yang pertama dilihat oleh interviewer. Pertama memakai pakaian rapih (formal dan nyaman), menggunakan sepatu tertutup, datang dengan bersih, wangi, tidak bau mulut dan merapihkan kuku.
a.         Penampilan untuk Pria
1.        Menggunakan kemeja lengan panjang dengan warna soft dan celana panjang warna gelap.
2.        Mencocokan dasi dengan kemeja yang akan dipakai.
3.        Menggunakan sepatu pantofel dengan kaos kaki warna hitam (gelap).
b.      Penampilan untuk Wanita
1.        Menggunakan kemeja warna soft dan memakai blazer dengan warna hitam (gelap).
2.        Menghindari menggunakan warna yang mencolok.
3.        Memakai riasan tetapi jangan berlebihan seperti bedak, lipstick, blush-on, eyeliner.
4.        Menata rambut yang rapih.
5.        Menggunakan sepatu pantofel dengan tinggi 5 cm.
2.         Bahasa Tubuh
Saat memasuki ruangan berjalan dengan tubuh tegap, gaya yang anggun dan kedua tangan mengibas dengan bebas. Menyodorkan tangan (sambil tersenyum) terlebih dahulu pada saat menawarkan. Menyapa interviewer dengan Bapak atau Ibu dan jangan duduk sebelum dipersilahkan.
3.    Sikap berdiri dan duduk
1.        Sikap Berdiri, yaitu:
a.         Badan tegap & tidak bungkuk.
b.        Sikap siaga kedua tangan disamping dan pandangan ke depan (kontak mata).
c.         Tidak ada gerakan tangan tambahan (menggaruk).
2.        Sikap Duduk, yaitu:
a.         Badan tetap tegap saat duduk.
b.        Posisi tidak menyender di bangku belakang.
c.         Tangan dibawah jangan diatas meja.
4.         Pandangan mata ke depan (kontak mata).
5.         Berbicara yang rileks dengan intonasi suara yang tepat sesuai situasi.

Sumber :